Minggu, 29 Januari 2012

Aquaponic

Sekedar info nih buat teman" yang belum tahu tentang Aquaponic. Sebenarnya, apa sih Aquaponic itu? mungkin teman-teman sudah sangat sering mengenai hidroponik yaitu suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara. Lalu bagaimana dengan Aquponic?

Bukan menggurui ya, tapi hanya sekedar memberi info buat teman-teman yang belum tau. Ternyata dalam bercocok tanam, ada banyak media yang bisa digunakan. Tanah? udah biasa... Pasir? juga udah...
jadi, Aquaponic adalah suatu metode bercocok tanam dimana ikan dan tanaman akan bersimbiosis mutualisme.
Materi Aquaponic ini sendiri pernah saya dapatkan saat semester 1 dari bapak Dr. Ir. Entis S. Halimi, M.Sc. Mungkin teman-teman masih bingung ya mengenai pengertian Aquaponic tadi. Kok bisa ikan dan tanaman bersismbiosis mutualisme? Apa maksudnya?
oke,, saya akan coba sedikit menjelaskan tentang Aquaponic, tapi sebatas pengetahuan saya saja ya... hhe..



Nah, setelah melihat gambar-gambar tersebut, mungkin teman-teman udah sedikit mengerti ya mengenai Aquaonik itu sendiri. Ya, aquaponic ini merupakan metode bercocok tanam yang terdiri atas dua kultur yaitu buddaya ikan dan bercocok tanam secara hidroponik. Tanaman yang ditanam yaitu berupa tanaman sayuran seperti kangkung, cabai, tomat, dan lain sebagainya. Sedangkan ikan yang dibudidayakan dapat berupa ikan mas, nila, patin, lele, gurame dan masih banyak lagi lainnya. Dalam hal ini, ikan menyumbang hara berupa sisa pakan dan kotoran yang berfaedah bagi tanaman. Tanaman juga tahu membalas jasa dengan memasok oksigen yang diperlukan ikan. Aquaponik yaitu memanfaatkan secara terus menerus air dari pemeliharaan ikan ke tanaman dan sebaliknya dari tanaman ke kolam ikan. Inti dasar dari sistem teknologi ini adalah penyediaan air yang optimum untuk masing-masing komoditas dengan memanfaatkan sistem re-sirkulasi.
Banyak sekali keuntungan yang didapat dari Aquaponic ini sendiri. Hal utama adalah hematnya lahan yang dgunakan. Teman-teman bisa lihat sendiri, di aquarium rumah kita sendiri pun, kita bisa melakukan Aquaponic. Itu artinya, tidak perlu lahan besar dalam bercocok tanam sayuran. Dengan begitu, seseorang dapat melakukan udidaya ikan dan seyuran sekaligus dalam satu tempat. Keuntungan lainnya yaitu hematnya air. Dengan adanya simbiosis antara ikan dan sayuran ini, maka air akan senantiasa bersih dimana tanaman akan menyerap hara berupa sisa pakan dan kotoran ikan, sedangkan tanaman sendiri akan memberikan pasokan oksigen terhadap ikan.

Nah, demikanlah penjelasan singkat dari saya mengenai Aquaponic. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa mencari info lebih lanjut di mbah google atau bertanya pada ahlinya karna yang saya tulis ini hanyalah sebatas pengetahuan saya... Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya... :)



10 komentar:

  1. mbak nurul yaaa... boleh tanya..klo aquaponic ini di kombinasi dengan budidaya belut atau sidat bisa nggak yaaa??? ada literatur nya kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg saya tau, aquaponic ini mengkombinasikan antara komoditas sayuran dengan komoditas ikan air tawar.
      tapi saya pernah membaca sebuah judul PKM-K (program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan), "kolam (bu anik) budidaya akuaponik dengan keong, keunggulan ganda berupa belut dan sayuran"

      untuk isi dari proposal PKM-K itu sendiri saya belum membacanya, namun dilihat dari judulnya sepertinya aquaponic ini bisa dikombinasikan dengan belut...

      untuk literaturnya sendiri mengenai kombinasi sayuran dengan belut, mohon maaf saya belum menemukannya...

      terima kasih... :)

      Hapus
  2. untuk biayanya kira2 habis berapa mbak, saya mau mencobanya thanks

    BalasHapus
  3. saya jadi pengin coba mbak boleh share ga

    BalasHapus
  4. salam kenal mbak nurul, untuk mendapatkan media tanamnya dimana ya mbak. hendra di medan.. hendra.lube@gmail.com...

    BalasHapus
  5. salam kenal mbak nurul, untuk mendapatkan media tanamnya dimana ya mbak. hendra di medan.. hendra.lube@gmail.com...

    BalasHapus
  6. salam kenal mbak nurul, untuk mendapatkan media tanamnya dimana ya mbak. hendra di medan.. hendra.lube@gmail.com...

    BalasHapus
  7. bahan apa sja yg diperlukan aquaponic mbak nurul

    BalasHapus